Teknik pengumpulan data yang lazim digunakan : 1. Studi Lapangan :
* Kuesioner/Angket. Kuesioner adalah daftar pertanyaan yang dibuat berdasarkan indikator-indikator dari varibel penelitian yang harus direspon oleh responden. * Wawancara. Wawancara dapat dilakukan secara : (1) Terbuka (open-ended), peneliti bertanya kepada responden kunci tentang fakta-fakta suatu peristiwa dan opini mereka mengenai peristiwa yang ada, (2) Terfokus (responden diwawancarai dalam waktu yang pendek), dan (3) Terstruktur (menggunakan pertanyaan yang terstruktur). * Observasi. Teknik ini digunakan untuk mendapatkan fakta-fakta empiris yang tampak (kasat mata). * Dokumentasi. Teknik ini dilakukan dengan memanfaatkan dokumen-dokumen tertulis, gambar, foto, atau benda-benda lainnya yang berkaitan dengan aspek-aspek yang diteliti.
2. Studi Pustaka
* Studi pustaka dilakukan dengan cara mempelajari, mendalami, dan mengutip teori-teori atau konsep-konsep dari sejumlah literatur, baik buku, jurnal, majalah, koran, atau karya tulis lainnya yang relevan dengan topik, fokus atau variabel penelitian.
Teknik pengumpulan data yang diperlukan disini adalah teknik pengumpulan data mana yang paling tepat, sehingga benar-benar didapat data yang valid dan reliabel. Jangan semua teknik pengumpulan data (angket, observasi, wawancara) dicantumkan kalau sekiranya tidak dapat dilaksanakan. Selain itu konsekuensi dari mencantumkan ketiga teknik pengumpulan data itu adalah: setiap teknik pengumpulan data yang dicantumkan harus ada datanya. Memang untuk mendapatkan data yang lengkap dan objektif penggunaan berbagai teknik sangat diperlukan. Jika satu teknik dipandang mencukupi, maka teknik lain tidak perlu digunakan dan tidak efisien
SUMBER DATA Pengambilan data yang dihimpun langsung oleh peneliti disebut sumber primer, sedangkan apabila melalui tangan kedua disebut sumber sekunder
METODE DAN INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA Metode pengumpulan data ialah teknik atau cara-cara yang dapat digunakan oleh peneliti untuk pengumpulan data. Metode (cara atau teknik) menunjuk suatu kata yang abstrak dan tidak diwujudkan dalam benda, tetapi hanya dapat dilihat penggunaannya melalui: angket, wawancara, pengamatan, ujian (tes), dokumentasi dan lainya. Peneliti dapat menggunakan salah satu atau gabungan tergantung dari masalah yang dihadapi. Instrumen pengumpulan data adalah alat bantu yang dipilih dan digunakan oleh peneliti dalam kegiatannya mengumpulkan agar kegiatan tersebut menjadi sistematis dan dipermudah olehnya. Instrumen yang diartikan sebagai alat bantu: 1. angket (questionnaire) 2. daftar cocok (checklist) 3. skala (scala) 4. pedoman wawancara (interview guide atau interview schedule) 5. lembar pengamatan atau panduan pengamatan (obseration sheet atau observation schedule)
I. Macam-Macam Data Untuk memperoleh data atau informasi dalam studi kasus tentu perlu dilakukan kegiatan pengumpulan data. Data sebagai informasi awal yang dibutuhkan sebagai penunjang studi kasus, untuk itu diperlukan data-data mengenai klien dalam aspek-aspek sebagai berikut : Latar belakang keluarga; data tentang orang tua, saudara-saudara, taraf sosial ekonomi keluarga, suasana kehidupan keluarga, adapt istiadat, pola asuh orang tua. Riwayat sekolah; jenjang pendidikan sekolah yang telah diselesaikan dalam waktu berapa tahun, tamat dimana, tahu berapa, kesulitan belajar yang dialami. Taraf prestasi; dalam bidang-bidang studi yang mempunyai relevansi bagi perencanaan pendidikan lanjutan dan penentuan jabatan kelak. Taraf kemampuan intelektual atau kemampuan akademik; kemampuan untuk mencapai prestasi disekolah yang didalamnya berpikir memegang peranan pokok. Bakat khusus; kemampuan untuk mencapai prestasi yang tinggi di bidang tertentu. Minat terhadap bidang studi dan bidang pekerjaan tertentu; kecenderungan menetap untuk merasa tertarik pada sesuatu.
I. Metode Pengumpulan Data Dalam proses pengumpulan data tentu diperlukan sebuah alat atau instrument pengumpul data. Alat pengumpul data dapat dibedakan menjadi dua yaitu pertama alat pengumpul data dengan menggunakan metode test dan metode non test.
II. A. Pengumpulan Data Dengan Metode Test
Test merupakan suatu metode penelitian psikologis untuk memperoleh informasi tentang berbagai aspek dalam tingkah laku dan kehidupan batin seseorang, dengan menggunakan pengukuran (measurement) yang menghasilkan suatu deskripsi kuantitatif tentang aspek yang diteliti. Keunggulan metode ini adalah : Lebih akurat karena test berulang-ulang direvisi. Instrument penelitian yang objektif. Sedangkan kelemahan metode ini adalah : Hanya mengukur satu aspek data. Memerlukan jangka waktu yang panjang karena harus dilakukan secara berulang-ulang. Hanya mengukur keadaan siswa pada saat test itu dilakukan.
Skala Penilaian (Rating Scale) Pencatatan data dengan alat ini dilakukan seperti chek list. Perbedaannya terletak pada kategorisasi gejala yang dicatat. Dalam rating scale tidak hanya terdapat nama objek yang diobservasi dan gejala yang akan diselidiki akan tetapi tercantum kolom-kolom yang menunjukkan tingkatan atau jenjang setiap gejal tersebut. Keuntungan : Kelebihan skala pengukuran adalah karena merupakan alat perhitungan observasi dan merupakan alat yang bagi pengamat dapat digunakan untuk menilai individu yang sama, dengan demikian akan memperbesar reliabilitas penilaian. Penilaian yang sama dari beberapa penilai, asalkan mereka memiliki pengetahuan yang sama tentang individu yang sedang dinilai, biasanya hasilnya lebih baik daripada penilaian yang hanya dilakukan satu orang.
Kelemahan: Kesalahan bias personal, efek halo, kecenderungan sentral, dan kesalahan logis. Karena skala penilaian telah digunakan secara luas selama bertahun-tahun, kekurangan itu cukup dikenal oleh mereka yang merancang dan menggunakannya. Namun, jenis-jenis kesalahan itu bisa saja terjadi dengan berbagai bentuk berdasarkan observasi yang dilakukan.
. Angket Tertulis Alat ini memuat sejumlah item atau pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa secara tertulis juga. Dengan mengisi angket ini siswa memberikan keterangan tentang sejumlah hal yang relevan bagi keperluan bimbingan, seperti keterangan tentang keluarga, kesehatan jasmani, riwayat pendidikan, pengalaman belajar sekolah dan dirumah, pergaulan social, rencana pendidikan lanjutan, kegiatan diluar sekolah, hobi dan mungkin kesukaran yang mungkin dihadapi. Keunggulan : Dalam waktu singkat diperoleh banyak keterangan. Pengisiannya dapat dilakukan dikelas, siswa dapat menjawab sesuai dengan keadaannya tanpa dipengaruhi oleh orang lain.
Kelemahan Siswa tidak dapat memberikan keterangan lebih lanjut karena jawaban terbatas pada hal-hal yang ditanyakan. Siswa dapat menjawab tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya jika dia menghendaki demikian. Jawaban hanya mengungkap keadaan siswa pada saat angket diisi.
Wawancara Informasi Wawancara informasi merupakan salah satu metode pengumpulan data untuk memperoleh data dan informasi dari siswa secara lisan. Proses wawancara dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung dengan siswa. Selama proses wawancara petugas bimbingan mengajukan pertanyaan, meminta penjelasan dan jawaban dari pertanyaan yang diberikan dan membuat catatan mengenai hal-hal yang diungkapkan kepadanya. Keunggulan : Diperoleh informasi dalam suasana komunikasi secara langsung, yang memungkinkan siswa selain memberikan data factual seperti yang ditulis dalan angket, juga mengungkapkan sikap, pikiran, harapan, dan perasaan. Rumusan pertanyaan dapat disesuaikan dengan daya tangkap siswa. Dapat ditanyakan hal-hal yang bersifat sensitive, seperti suasana keluarga, corak pergaulan dengan saudara kandung dan teman sebaya, penggunaan bahan narkotika, pengalaman seksual, dsb. Interview penting untuk memperoleh informasi, tidak hanya merngenai item-item yang factual seperti yang biasa tercakup pada kuesioner pengumpul data-siswa, namun juga mengenai sikap, ambisi dan hal afektif lain yang menyusun studi kasus ini. Fact-Finding interview dapat digunakan karena data sebelumnya tidak jelas atau karena perasaan yang mendasari perlu ditemukan dan dipahami.
Kelemahan : Memakan banyak waktu bagi petugas bimbingan. Siswa berprasangka terhadap petugas bimbingan dan memberikan informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan. Petugas bimbingan mendengarkan terlalu selektif atau bertanya-tanya dengan cara yang sugestif. pembuatan catatan memberikan kesan kepada siswa bahwa dia sedang berhadapan dengan petugas kepolisian. Interview mungkin mengubah informasi mengenai interview mereka sendiri, reaksi mereka, dan pengalaman mereka. Interview dapat menjadikan sumber kesalahan. Mereka dapat mencatat informasi karena “pendengaran yang selektif”. Mungkin mereka hanya gagal mendengarkan pernyataan interviewee yang bertentangan dengan opini,reaksi, sikap atau ide tentang situasi mereka sendiri.
Pengumpulan Data: Sebelum melakukan pengolahan data, ada bebarapa tahap yang harus dilakukan. Sedangkan setelah analisis data yaitu suatu proses penyederhanaan data, maka dapat dilakukan interpretasi data dengan mudah. Kuesioner merupakan alat pengumpul data yang digunakan untuk survai, guna memudahkan proses selanjutnya, sebaiknya dalam kuesioner telah tersedia kolom untuk koding.
Editing Data: Data lapangan yang ada dalam kuesioner perlu diedit, tujuan dilakukannya editing adalah untuk: (1) Melihat lengkap tidaknya pengisian kuesioner. (2) Melihat logis tidaknya jawaban. (3) Melihat konsistensi antar pertanyaan. Koding Data: Dilakukan untuk pertanyaan-pertanyaan: (1) Tertutup, bisa dilakukan pengkodean sebelum ke lapangan. (2) Setengah terbuka, pengkodean sebelum dan setelah dari lapangan. (3) Terbuka, pengkodean sepenuhnya dilakukan setelah selesai dari lapangan.
Pengolahan Data: Paling tidak ada dua hal yang perlu dilakukan ketika melakukan pengolahan data: (1) Entry data, atau memasukan data dalam proses tabulasi. (2) Melakukan editing ulang terhadap data yang telah ditabulasi untuk mencegah terjadinya kekeliruan memasukan data, atau kesalahan penempatan dalam kolom maupun baris tabel
Analisis dan Interpretasi Data Hal penting yang perlu diingat dalam melakukan analisis data adalah mengetahui dengan tepat penggunaan alat analisis, sebab jika kita tidak memenuhi prinsip-prinsip dari pemakaian alat analisis, walaupun alat analisisnya sangat canggih, hasilnya akan salah diinterpretasikan dan menjadi tidak bermanfaat untuk mengambil suatu kesimpulan
Model-model statistika Inspektorat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional Diklat Metodologi Penelitian Sosial – Parung Bogor, 25-28 Mei 2005 : 3 untuk keperluan analisis data telah begitu berkembang, dari model-model statistika deskriptif hingga ke statistika inferensial non parametrik dengan persyaratan yang lebih “lunak “ dibandingkan dengan statistika parametrik yang sangat ketat dengan persyaratan-persyaratan tertentu dan sulit dipenuhi dalam kerangka penelitian sosial. Ketika kita memutuskan untuk melakukan analisis data menggunakan alat statistika, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain: 1. Dari mana data diperoleh, apakah berasal dari sampel (melalui proses
1. Dari mana data diperoleh, apakah berasal dari sampel (melalui proses sampling) atau dari populasi (dengan cara sensus) 2. Jika berasal dari sampel apa teknik sampling yang digunakan, apakah termasuk kelompok sampling probabilitas atau non probabilitas. 3. Memakai skala apa data diukur, apakah menggunakan skala nominal, ordinal, interval, atau rasio. 4. Bagaimana hipotesis yang dibuat apakah perlu dilakukan pengujian satu arah atau dua arah kalau memakai statistika inferensial
Statistika Deskriptif sebagai Alat Analisis: Statistika Deskriptif merupakan metode atau alat analisis yang biasa digunakan untuk menyederhanakan data agar mudah dipahami. Penyajiannya bisa dalam bentuk tabel, baik tabel frekuensi maupun tabel silang atau dalam bentuk diagram dan grafik seperti diagram batang, kurva dll. Statistika deskriptif dapat diterapkan baik untuk data yang berasal dari sampel maupun populasi, juga untuk sampel yang diambil dengan sampling probabilitas maupun non probabilitas, serta bisa digunakan untuk semua skala pengukuran dari mulai yang paling lemah (nominal) hingga skala rasio. Statistika Deskriptif sering digunakan untuk mengukur gejala pemusatan, dan dispersi atau simpangan data. Termasuk ukuran gejala pusat antara lain:: modus, median, persentil, mean atau rata-rata. Tergolong ukuran dispersi data antara lain: rentang (maksimum - minimum), deviasi standard, koefisien variasi. Jika dikaitkan dengan skala pengukuran dari data yang dianalisis, statistika deskriptif yang cocok digunakan adalah:
Skala Nominal : Modus, Frekuensi 2. Skala Ordinal : Median, Persentil, Rentang 3. Skala Interval : Mean, Deviasi Standard 4. Skala Rasio : Mean, Koefisien Variasi (ukuran dispersi relatif) Statistika Nonparametrik sebagai Alat Analisis: Dalam analisis data penelitian-penelitian sosial saat ini sering digunakan Statistika Nonparametrik. Statistika ini termasuk dalam ketegori Statistika Inferensial, yang dipakai untuk menafsirkan parameter (populasi) berdasarkan statistik (sampel) melalui pengujian statistik atau yang lebih dikenal dengan Uji Signifikansi.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan Statistika Nonparametrik antara lain: 1. Penggunaan Statistika Nonparametrik hanyalah untuk data penelitian yang berasal dari sampel, sebab jika data penelitian berasal dari populasi (sensus) hasil pengukurannya berupa parameter, dengan demikian tidak perlu ditafsirkan lagi tetapi bisa langsung diinterpretasikan. 2. Statistika Nonparametrik mensyaratkan pengambilan data dengan cara random, karena di dalamnya mengandung kaidah-kaidah probabilitas. 3. Perhatikan hipotesis penelitian, karena hipotesis tersebut mengindikasikan apakah pengujian (uji signifikansi) harus dilakukan satu sisi atau dua sisi. 4. Perhatikan dengan cermat, apakah penelitian kita terdiri atas kasus satu sampel, dua sampel, atau lebih dari dua sampel. 5. Jika penelitian merupakan kasus dua sampel atau lebih, perhatikan dengan lebih teliti, apakah merupakan sampel yang berpasangan atau tidak berpasangan. Beberapa
Beberapa pengujian nonparametrik berikut akan dikelompokkan berdasarkan sampel penelitian, dan tersedia dalam paket software SPSS (Statistical Package for Social Sciences) yang banyak digunakan dalam penelitian sosial dengan cara operasi yang relatif mudah.
1. Kasus Satu Sampel : Misalnya kita ingin melakukan penelitian untuk meneliti apakah betul sekolah-sekolah favorit telah secara adil memberi kesempatan kepada pria dan wanita, atau kepada semua masyarakat dari berbagai tingkat ekonomi. Uji signifikansi yang bisa digunakan antara lain: a. Uji Binomial : Digunakan untuk menguji perbedaan proporsi sebuah populasi, jika data berskala nominal dan hanya memiliki dua kategori . b. Uji Chi-Kuadrat Sampel Tunggal : Digunakan untuk menguji perbedaan proporsi sebuah populasi, jika data berskala nominal dan memiliki lebih dari dua kategori.
c. Uji Kolmogorov-Smirnov Sampel Tunggal : Digunakan untuk menguji perbedaan proporsi sebuah populasi, jika data berskala ordinal. 2. Kasus Dua Sampel Berpasangan : Misalnya kita ingin melakukan penelitian prestasi atau perilaku siswa sebelum dan setelah dilakukan perubahan kurikulum. Jadi sampel yang sama diukur dua kali, pertama dilakukan pengukuran terhadap prestasi atau perilaku sebelum perubahan kurikulum, dan kedua pengukuran prestasi atau perilaku siswa dilakukan setelah perubahan kurikulum. Uji signifikansi yang bisa digunakan antara lain: a. Uji Mc-Nemar : Digunakan untuk menguji perbedaan proporsi dua populasi yang berpasangan, jika data berskala nominal dan hanya memiliki dua kategori. b. Uji Tanda : Digunakan untuk menguji perbedaan nilai tengah ranking dua populasi yang berpasangan, jika data berskala ordinal. c. Uji Tanda Wilcoxon : Digunakan untuk menguji perbedaan nilai tengah ranking dua populasi yang berpasangan dengan lebih halus, jika data berskala ordinal.
Kasus Dua Sampel Tidak Berpasangan : Misalnya kita ingin melakukan penelitian prestasi atau perilaku siswa antara dua sekolah yang berbeda atau antara dua kota yang berbeda atau antara sekolah di pedesaan dan perkotaan. Dengan demikian untuk masing-masing sampel hanya diukur satu kali, tetapi Inspektorat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional Diklat Metodologi Penelitian Sosial – Parung Bogor, 25-28 Mei 2005 : 6 dengan model pengukuran yang sama. Uji signifikansi yang bisa digunakan antara lain: a. Uji Chi-Kuadrat Dua Sampel Berpasangan : Digunakan untuk menguji perbedaan proporsi dua populasi yang tidak berpasangan, jika data berskala nominal dengan dua atau lebih dari dua ketegori. b. Uji U Mann-Whitney : Digunakan untuk menguji perbedaan nilai tengah ranking dua populasi yang tidak berpasangan, jika data berskala ordinal. c. Uji Kolmogorov-Smirnov Dua Sampel : Digunakan untuk menguji “sembarang” perbedaan (median, dispersi, dan
4. Kasus “k” (Lebih dari Dua) Sampel Berpasangan : Misalnya kita ingin melakukan penelitian terhadap optimisme para dosen dengan menilai kebijakan pimpinan universitas, pada masa jabatan 3 orang rektor yang berbeda. Para dosen yang dinilai optimismenya, serta ditanya penilaianya terhadap ketiga rektor adalah kelompok (sampel) dosen yang sama. Uji signifikansi yang bisa digunakan antara lain: a. Uji Q Cochran : Digunakan untuk menguji perbedaan proporsi k buah populasi yang berpasangan, jika data berskala nominal dan hanya memiliki dua kategori. b. Uji Varian Ranking Friedman : Digunakan untuk menguji perbedaan nilai tengah ranking k buah populasi yang berpasangan, jika data berskala ordinal.
Kasus “k” (Lebih dari Dua) Sampel Tidak Berpasangan : Misalnya kita ingin melakukan penelitian terhadap optimisme mahasiswa dengan menilai kebijakan pimpinan universitasnya sendiri pada tiga universitas yang berbeda. Mahasiswa ditanya mengenai optimismenya serta penilaianynya terhadap rektornya masing-masing, jadi sampel adalah kelompok mahasiswa yang berbeda. Uji signifikansi yang bisa digunakan antara lain:
Uji Chi-Kuadrat k Sampel Tidak Berpasangan : Digunakan untuk menguji perbedaan proporsi k populasi yang tidak berpasangan, jika data berskala nominal dengan dua atau lebih dari dua ketegori. b. Uji Median : Digunakan untuk menguji perbedaan median k buah populasi yang tidak berpasangan, jika data berskala ordinal. c. Uji Varian Ranking Kruskal-Wallis : Digunakan untuk menguji perbedaan nilai tengah ranking k buah populasi yang tidak berpasangan, jika data berskala ordinal.
6. Pengukuran Korelasi dan Uji Signifikansinya : Dalam sebuah penelitian kadang kala kita ingin mengetahui apakah ada hubungan antara variabel satu dengan yang lainnya, untuk keperluan tersebut sering digunakan pengukuran korelasi. Besarnya koefisien korelasi (r), serta arah dari koefisien (negatif atau positif) dapat dipakai sebagai indikasi kuat tidaknya hubungan antara dua buah variabel serta bagaimana arah hubungannnya. Hal yang perlu dipahami dalam penggunaan ukuran korelasi adalah, bahwa koefisien korelasi yang dihasilkan tidak otomatis menunjukkan bahwa variabel yang satu berpengaruh terhadap variabel lain, tetapi hanya menunjukkan tingkat asosiasi kuat lemahnya hubungan, sementara penentuan variabel indpenden dan dipenden ditentukan berdasarkan teori. Jika pengukuran korelasi didasarkan pada sampel, koefisien korelasi adalah statistik, untuk menjawab apakah angka korelasi tersebut berlaku juga dalam populasinya sebagai parameter, perlu dilakukan pengujian signifikansi. Kalau berdasarkan hasil pengujian angkanya signifikan, maka koefisien korelasi sebagai statistik bisa diebut sama dengan parameter-nya. Pengukuran korelasi yang biasa digunakan dalam penelitian sosial aantara lain: a. Koefisien Kontingensi (C
Koefisien Kontingensi (C) : Digunakan untuk mengukur keeratan hubungan antara dua variabel yang berskala nominal. Misalnya apakah ada hubungan antara proporsi jenis kelamin murid SMA dengan Inspektorat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional Diklat Metodologi Penelitian Sosial – Parung Bogor, 25-28 Mei 2005 : 8 proporsi keinginan mereka untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada jurusan eksata dan non eksata. b. Koefisien Korelasi Rank Kendall (t) : Digunakan untuk mengukur keeratan hubungan antara dua variabel yang berskala ordinal. Misalnya apakah ada hubungan antara ranking test masuk SMP dengan dengan ranking di semester pertama kelas 1 SMP. c. Koefisien Korelasi Rank Sperman (rs) : Digunakan untuk mengukur keeratan hubungan antara dua variabel yang berskala ordinal. Pengukuran korelasi ini lebih banyak digunakan karena metodenya yang lebih sederhana.
Teknik pengumpulan data yang lazim digunakan :
BalasHapus1. Studi Lapangan :
* Kuesioner/Angket. Kuesioner adalah daftar pertanyaan yang dibuat berdasarkan indikator-indikator dari varibel penelitian yang harus direspon oleh responden.
* Wawancara. Wawancara dapat dilakukan secara : (1) Terbuka (open-ended), peneliti bertanya kepada responden kunci tentang fakta-fakta suatu peristiwa dan opini mereka mengenai peristiwa yang ada, (2) Terfokus (responden diwawancarai dalam waktu yang pendek), dan (3) Terstruktur (menggunakan pertanyaan yang terstruktur).
* Observasi. Teknik ini digunakan untuk mendapatkan fakta-fakta empiris yang tampak (kasat mata).
* Dokumentasi. Teknik ini dilakukan dengan memanfaatkan dokumen-dokumen tertulis, gambar, foto, atau benda-benda lainnya yang berkaitan dengan aspek-aspek yang diteliti.
2. Studi Pustaka
* Studi pustaka dilakukan dengan cara mempelajari, mendalami, dan mengutip teori-teori atau konsep-konsep dari sejumlah literatur, baik buku, jurnal, majalah, koran, atau karya tulis lainnya yang relevan dengan topik, fokus atau variabel penelitian.
Teknik pengumpulan data yang diperlukan disini adalah teknik
BalasHapuspengumpulan data mana yang paling tepat, sehingga benar-benar didapat data
yang valid dan reliabel. Jangan semua teknik pengumpulan data (angket,
observasi, wawancara) dicantumkan kalau sekiranya tidak dapat dilaksanakan.
Selain itu konsekuensi dari mencantumkan ketiga teknik pengumpulan data itu
adalah: setiap teknik pengumpulan data yang dicantumkan harus ada datanya.
Memang untuk mendapatkan data yang lengkap dan objektif penggunaan
berbagai teknik sangat diperlukan. Jika satu teknik dipandang mencukupi, maka
teknik lain tidak perlu digunakan dan tidak efisien
SUMBER DATA
BalasHapusPengambilan data yang dihimpun langsung oleh peneliti disebut sumber
primer, sedangkan apabila melalui tangan kedua disebut sumber sekunder
METODE DAN INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA
BalasHapusMetode pengumpulan data ialah teknik atau cara-cara yang dapat
digunakan oleh peneliti untuk pengumpulan data. Metode (cara atau teknik)
menunjuk suatu kata yang abstrak dan tidak diwujudkan dalam benda, tetapi
hanya dapat dilihat penggunaannya melalui: angket, wawancara, pengamatan,
ujian (tes), dokumentasi dan lainya. Peneliti dapat menggunakan salah satu
atau gabungan tergantung dari masalah yang dihadapi.
Instrumen pengumpulan data adalah alat bantu yang dipilih dan digunakan oleh
peneliti dalam kegiatannya mengumpulkan agar kegiatan tersebut menjadi
sistematis dan dipermudah olehnya.
Instrumen yang diartikan sebagai alat bantu:
1. angket (questionnaire)
2. daftar cocok (checklist)
3. skala (scala)
4. pedoman wawancara (interview guide atau interview schedule)
5. lembar pengamatan atau panduan pengamatan (obseration sheet atau
observation schedule)
ENIS DATA DAN METODE PENGUMPULAN DATA
BalasHapusI. Macam-Macam Data
Untuk memperoleh data atau informasi dalam studi kasus tentu perlu dilakukan kegiatan pengumpulan data. Data sebagai informasi awal yang dibutuhkan sebagai penunjang studi kasus, untuk itu diperlukan data-data mengenai klien dalam aspek-aspek sebagai berikut :
Latar belakang keluarga; data tentang orang tua, saudara-saudara, taraf sosial ekonomi keluarga, suasana kehidupan keluarga, adapt istiadat, pola asuh orang tua.
Riwayat sekolah; jenjang pendidikan sekolah yang telah diselesaikan dalam waktu berapa tahun, tamat dimana, tahu berapa, kesulitan belajar yang dialami.
Taraf prestasi; dalam bidang-bidang studi yang mempunyai relevansi bagi perencanaan pendidikan lanjutan dan penentuan jabatan kelak.
Taraf kemampuan intelektual atau kemampuan akademik; kemampuan untuk mencapai prestasi disekolah yang didalamnya berpikir memegang peranan pokok.
Bakat khusus; kemampuan untuk mencapai prestasi yang tinggi di bidang tertentu.
Minat terhadap bidang studi dan bidang pekerjaan tertentu; kecenderungan menetap untuk merasa tertarik pada sesuatu.
I. Metode Pengumpulan Data
BalasHapusDalam proses pengumpulan data tentu diperlukan sebuah alat atau instrument pengumpul data. Alat pengumpul data dapat dibedakan menjadi dua yaitu pertama alat pengumpul data dengan menggunakan metode test dan metode non test.
II. A. Pengumpulan Data Dengan Metode Test
Test merupakan suatu metode penelitian psikologis untuk memperoleh informasi tentang berbagai aspek dalam tingkah laku dan kehidupan batin seseorang, dengan menggunakan pengukuran (measurement) yang menghasilkan suatu deskripsi kuantitatif tentang aspek yang diteliti.
Keunggulan metode ini adalah :
Lebih akurat karena test berulang-ulang direvisi.
Instrument penelitian yang objektif.
Sedangkan kelemahan metode ini adalah :
Hanya mengukur satu aspek data.
Memerlukan jangka waktu yang panjang karena harus dilakukan secara berulang-ulang.
Hanya mengukur keadaan siswa pada saat test itu dilakukan.
Skala Penilaian (Rating Scale)
BalasHapusPencatatan data dengan alat ini dilakukan seperti chek list. Perbedaannya terletak pada kategorisasi gejala yang dicatat. Dalam rating scale tidak hanya terdapat nama objek yang diobservasi dan gejala yang akan diselidiki akan tetapi tercantum kolom-kolom yang menunjukkan tingkatan atau jenjang setiap gejal tersebut.
Keuntungan :
Kelebihan skala pengukuran adalah karena merupakan alat perhitungan observasi dan merupakan alat yang bagi pengamat dapat digunakan untuk menilai individu yang sama, dengan demikian akan memperbesar reliabilitas penilaian. Penilaian yang sama dari beberapa penilai, asalkan mereka memiliki pengetahuan yang sama tentang individu yang sedang dinilai, biasanya hasilnya lebih baik daripada penilaian yang hanya dilakukan satu orang.
Kelemahan:
Kesalahan bias personal, efek halo, kecenderungan sentral, dan kesalahan logis. Karena skala penilaian telah digunakan secara luas selama bertahun-tahun, kekurangan itu cukup dikenal oleh mereka yang merancang dan menggunakannya. Namun, jenis-jenis kesalahan itu bisa saja terjadi dengan berbagai bentuk berdasarkan observasi yang dilakukan.
. Angket Tertulis
BalasHapusAlat ini memuat sejumlah item atau pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa secara tertulis juga. Dengan mengisi angket ini siswa memberikan keterangan tentang sejumlah hal yang relevan bagi keperluan bimbingan, seperti keterangan tentang keluarga, kesehatan jasmani, riwayat pendidikan, pengalaman belajar sekolah dan dirumah, pergaulan social, rencana pendidikan lanjutan, kegiatan diluar sekolah, hobi dan mungkin kesukaran yang mungkin dihadapi.
Keunggulan :
Dalam waktu singkat diperoleh banyak keterangan.
Pengisiannya dapat dilakukan dikelas, siswa dapat menjawab sesuai dengan keadaannya tanpa dipengaruhi oleh orang lain.
Kelemahan
Siswa tidak dapat memberikan keterangan lebih lanjut karena jawaban terbatas pada hal-hal yang ditanyakan.
Siswa dapat menjawab tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya jika dia menghendaki demikian.
Jawaban hanya mengungkap keadaan siswa pada saat angket diisi.
Wawancara Informasi
BalasHapusWawancara informasi merupakan salah satu metode pengumpulan data untuk memperoleh data dan informasi dari siswa secara lisan. Proses wawancara dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung dengan siswa. Selama proses wawancara petugas bimbingan mengajukan pertanyaan, meminta penjelasan dan jawaban dari pertanyaan yang diberikan dan membuat catatan mengenai hal-hal yang diungkapkan kepadanya.
Keunggulan :
Diperoleh informasi dalam suasana komunikasi secara langsung, yang memungkinkan siswa selain memberikan data factual seperti yang ditulis dalan angket, juga mengungkapkan sikap, pikiran, harapan, dan perasaan.
Rumusan pertanyaan dapat disesuaikan dengan daya tangkap siswa.
Dapat ditanyakan hal-hal yang bersifat sensitive, seperti suasana keluarga, corak pergaulan dengan saudara kandung dan teman sebaya, penggunaan bahan narkotika, pengalaman seksual, dsb.
Interview penting untuk memperoleh informasi, tidak hanya merngenai item-item yang factual seperti yang biasa tercakup pada kuesioner pengumpul data-siswa, namun juga mengenai sikap, ambisi dan hal afektif lain yang menyusun studi kasus ini.
Fact-Finding interview dapat digunakan karena data sebelumnya tidak jelas atau karena perasaan yang mendasari perlu ditemukan dan dipahami.
Kelemahan :
BalasHapusMemakan banyak waktu bagi petugas bimbingan.
Siswa berprasangka terhadap petugas bimbingan dan memberikan informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan.
Petugas bimbingan mendengarkan terlalu selektif atau bertanya-tanya dengan cara yang sugestif.
pembuatan catatan memberikan kesan kepada siswa bahwa dia sedang berhadapan dengan petugas kepolisian.
Interview mungkin mengubah informasi mengenai interview mereka sendiri, reaksi mereka, dan pengalaman mereka.
Interview dapat menjadikan sumber kesalahan. Mereka dapat mencatat informasi karena “pendengaran yang selektif”. Mungkin mereka hanya gagal mendengarkan pernyataan interviewee yang bertentangan dengan opini,reaksi, sikap atau ide tentang situasi mereka sendiri.
silakan buka alamat di bawah ini'
BalasHapushttp://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/03/pengolahan_dan_analisis_data.pdf
www.adimursalin.com dan register
Pengumpulan Data:
BalasHapusSebelum melakukan pengolahan data, ada bebarapa tahap yang harus
dilakukan. Sedangkan setelah analisis data yaitu suatu proses
penyederhanaan data, maka dapat dilakukan interpretasi data dengan mudah.
Kuesioner merupakan alat pengumpul data yang digunakan untuk survai, guna
memudahkan proses selanjutnya, sebaiknya dalam kuesioner telah tersedia
kolom untuk koding.
Editing Data:
BalasHapusData lapangan yang ada dalam kuesioner perlu diedit, tujuan dilakukannya
editing adalah untuk: (1) Melihat lengkap tidaknya pengisian kuesioner. (2)
Melihat logis tidaknya jawaban. (3) Melihat konsistensi antar pertanyaan.
Koding Data:
Dilakukan untuk pertanyaan-pertanyaan: (1) Tertutup, bisa dilakukan
pengkodean sebelum ke lapangan. (2) Setengah terbuka, pengkodean
sebelum dan setelah dari lapangan. (3) Terbuka, pengkodean sepenuhnya
dilakukan setelah selesai dari lapangan.
Pengolahan Data:
BalasHapusPaling tidak ada dua hal yang perlu dilakukan ketika melakukan pengolahan
data: (1) Entry data, atau memasukan data dalam proses tabulasi. (2)
Melakukan editing ulang terhadap data yang telah ditabulasi untuk mencegah
terjadinya kekeliruan memasukan data, atau kesalahan penempatan dalam
kolom maupun baris tabel
Analisis dan Interpretasi Data
BalasHapusHal penting yang perlu diingat dalam melakukan analisis data adalah
mengetahui dengan tepat penggunaan alat analisis, sebab jika kita tidak
memenuhi prinsip-prinsip dari pemakaian alat analisis, walaupun alat
analisisnya sangat canggih, hasilnya akan salah diinterpretasikan dan menjadi
tidak bermanfaat untuk mengambil suatu kesimpulan
Model-model statistika
BalasHapusInspektorat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional
Diklat Metodologi Penelitian Sosial – Parung Bogor, 25-28 Mei 2005 : 3
untuk keperluan analisis data telah begitu berkembang, dari model-model
statistika deskriptif hingga ke statistika inferensial non parametrik dengan
persyaratan yang lebih “lunak “ dibandingkan dengan statistika parametrik yang
sangat ketat dengan persyaratan-persyaratan tertentu dan sulit dipenuhi dalam
kerangka penelitian sosial.
Ketika kita memutuskan untuk melakukan analisis data menggunakan alat
statistika, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:
1. Dari mana data diperoleh, apakah berasal dari sampel (melalui proses
1. Dari mana data diperoleh, apakah berasal dari sampel (melalui proses
BalasHapussampling) atau dari populasi (dengan cara sensus)
2. Jika berasal dari sampel apa teknik sampling yang digunakan, apakah
termasuk kelompok sampling probabilitas atau non probabilitas.
3. Memakai skala apa data diukur, apakah menggunakan skala nominal,
ordinal, interval, atau rasio.
4. Bagaimana hipotesis yang dibuat apakah perlu dilakukan pengujian satu
arah atau dua arah kalau memakai statistika inferensial
Statistika Deskriptif sebagai Alat Analisis:
BalasHapusStatistika Deskriptif merupakan metode atau alat analisis yang biasa
digunakan untuk menyederhanakan data agar mudah dipahami. Penyajiannya
bisa dalam bentuk tabel, baik tabel frekuensi maupun tabel silang atau dalam
bentuk diagram dan grafik seperti diagram batang, kurva dll.
Statistika deskriptif dapat diterapkan baik untuk data yang berasal dari sampel
maupun populasi, juga untuk sampel yang diambil dengan sampling
probabilitas maupun non probabilitas, serta bisa digunakan untuk semua skala
pengukuran dari mulai yang paling lemah (nominal) hingga skala rasio.
Statistika Deskriptif sering digunakan untuk mengukur gejala pemusatan, dan
dispersi atau simpangan data. Termasuk ukuran gejala pusat antara lain::
modus, median, persentil, mean atau rata-rata. Tergolong ukuran dispersi data
antara lain: rentang (maksimum - minimum), deviasi standard, koefisien variasi.
Jika dikaitkan dengan skala pengukuran dari data yang dianalisis, statistika
deskriptif yang cocok digunakan adalah:
Skala Nominal : Modus, Frekuensi
BalasHapus2. Skala Ordinal : Median, Persentil, Rentang
3. Skala Interval : Mean, Deviasi Standard
4. Skala Rasio : Mean, Koefisien Variasi (ukuran dispersi relatif)
Statistika Nonparametrik sebagai Alat Analisis:
Dalam analisis data penelitian-penelitian sosial saat ini sering digunakan
Statistika Nonparametrik. Statistika ini termasuk dalam ketegori Statistika
Inferensial, yang dipakai untuk menafsirkan parameter (populasi) berdasarkan
statistik (sampel) melalui pengujian statistik atau yang lebih dikenal dengan Uji
Signifikansi.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan Statistika
BalasHapusNonparametrik antara lain:
1. Penggunaan Statistika Nonparametrik hanyalah untuk data penelitian yang
berasal dari sampel, sebab jika data penelitian berasal dari populasi
(sensus) hasil pengukurannya berupa parameter, dengan demikian tidak
perlu ditafsirkan lagi tetapi bisa langsung diinterpretasikan.
2. Statistika Nonparametrik mensyaratkan pengambilan data dengan cara
random, karena di dalamnya mengandung kaidah-kaidah probabilitas.
3. Perhatikan hipotesis penelitian, karena hipotesis tersebut mengindikasikan
apakah pengujian (uji signifikansi) harus dilakukan satu sisi atau dua sisi.
4. Perhatikan dengan cermat, apakah penelitian kita terdiri atas kasus satu
sampel, dua sampel, atau lebih dari dua sampel.
5. Jika penelitian merupakan kasus dua sampel atau lebih, perhatikan dengan
lebih teliti, apakah merupakan sampel yang berpasangan atau tidak
berpasangan.
Beberapa
Beberapa pengujian nonparametrik berikut akan dikelompokkan berdasarkan
BalasHapussampel penelitian, dan tersedia dalam paket software SPSS (Statistical
Package for Social Sciences) yang banyak digunakan dalam penelitian sosial
dengan cara operasi yang relatif mudah.
1. Kasus Satu Sampel : Misalnya kita ingin melakukan penelitian untuk
BalasHapusmeneliti apakah betul sekolah-sekolah favorit telah secara adil memberi
kesempatan kepada pria dan wanita, atau kepada semua masyarakat dari
berbagai tingkat ekonomi. Uji signifikansi yang bisa digunakan antara lain:
a. Uji Binomial : Digunakan untuk menguji perbedaan proporsi sebuah
populasi, jika data berskala nominal dan hanya memiliki dua kategori .
b. Uji Chi-Kuadrat Sampel Tunggal : Digunakan untuk menguji perbedaan
proporsi sebuah populasi, jika data berskala nominal dan memiliki lebih dari
dua kategori.
c. Uji Kolmogorov-Smirnov Sampel Tunggal : Digunakan untuk menguji
BalasHapusperbedaan proporsi sebuah populasi, jika data berskala ordinal.
2. Kasus Dua Sampel Berpasangan : Misalnya kita ingin melakukan
penelitian prestasi atau perilaku siswa sebelum dan setelah dilakukan
perubahan kurikulum. Jadi sampel yang sama diukur dua kali, pertama
dilakukan pengukuran terhadap prestasi atau perilaku sebelum perubahan
kurikulum, dan kedua pengukuran prestasi atau perilaku siswa dilakukan
setelah perubahan kurikulum. Uji signifikansi yang bisa digunakan antara lain:
a. Uji Mc-Nemar : Digunakan untuk menguji perbedaan proporsi dua populasi
yang berpasangan, jika data berskala nominal dan hanya memiliki dua
kategori.
b. Uji Tanda : Digunakan untuk menguji perbedaan nilai tengah ranking dua
populasi yang berpasangan, jika data berskala ordinal.
c. Uji Tanda Wilcoxon : Digunakan untuk menguji perbedaan nilai tengah
ranking dua populasi yang berpasangan dengan lebih halus, jika data
berskala ordinal.
Kasus Dua Sampel Tidak Berpasangan : Misalnya kita ingin melakukan
BalasHapuspenelitian prestasi atau perilaku siswa antara dua sekolah yang berbeda atau
antara dua kota yang berbeda atau antara sekolah di pedesaan dan perkotaan.
Dengan demikian untuk masing-masing sampel hanya diukur satu kali, tetapi
Inspektorat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional
Diklat Metodologi Penelitian Sosial – Parung Bogor, 25-28 Mei 2005 : 6
dengan model pengukuran yang sama. Uji signifikansi yang bisa digunakan
antara lain:
a. Uji Chi-Kuadrat Dua Sampel Berpasangan : Digunakan untuk menguji
perbedaan proporsi dua populasi yang tidak berpasangan, jika data
berskala nominal dengan dua atau lebih dari dua ketegori.
b. Uji U Mann-Whitney : Digunakan untuk menguji perbedaan nilai tengah
ranking dua populasi yang tidak berpasangan, jika data berskala ordinal.
c. Uji Kolmogorov-Smirnov Dua Sampel : Digunakan untuk menguji
“sembarang” perbedaan (median, dispersi, dan
4. Kasus “k” (Lebih dari Dua) Sampel Berpasangan : Misalnya kita ingin
BalasHapusmelakukan penelitian terhadap optimisme para dosen dengan menilai
kebijakan pimpinan universitas, pada masa jabatan 3 orang rektor yang
berbeda. Para dosen yang dinilai optimismenya, serta ditanya penilaianya
terhadap ketiga rektor adalah kelompok (sampel) dosen yang sama. Uji
signifikansi yang bisa digunakan antara lain:
a. Uji Q Cochran : Digunakan untuk menguji perbedaan proporsi k buah
populasi yang berpasangan, jika data berskala nominal dan hanya memiliki
dua kategori.
b. Uji Varian Ranking Friedman : Digunakan untuk menguji perbedaan nilai
tengah ranking k buah populasi yang berpasangan, jika data berskala
ordinal.
Kasus “k” (Lebih dari Dua) Sampel Tidak Berpasangan : Misalnya kita
BalasHapusingin melakukan penelitian terhadap optimisme mahasiswa dengan menilai
kebijakan pimpinan universitasnya sendiri pada tiga universitas yang berbeda.
Mahasiswa ditanya mengenai optimismenya serta penilaianynya terhadap
rektornya masing-masing, jadi sampel adalah kelompok mahasiswa yang
berbeda. Uji signifikansi yang bisa digunakan antara lain:
Uji Chi-Kuadrat k Sampel Tidak Berpasangan : Digunakan untuk menguji
BalasHapusperbedaan proporsi k populasi yang tidak berpasangan, jika data berskala
nominal dengan dua atau lebih dari dua ketegori.
b. Uji Median : Digunakan untuk menguji perbedaan median k buah populasi
yang tidak berpasangan, jika data berskala ordinal.
c. Uji Varian Ranking Kruskal-Wallis : Digunakan untuk menguji perbedaan
nilai tengah ranking k buah populasi yang tidak berpasangan, jika data
berskala ordinal.
6. Pengukuran Korelasi dan Uji Signifikansinya : Dalam sebuah penelitian
BalasHapuskadang kala kita ingin mengetahui apakah ada hubungan antara variabel satu
dengan yang lainnya, untuk keperluan tersebut sering digunakan pengukuran
korelasi. Besarnya koefisien korelasi (r), serta arah dari koefisien (negatif atau
positif) dapat dipakai sebagai indikasi kuat tidaknya hubungan antara dua buah
variabel serta bagaimana arah hubungannnya.
Hal yang perlu dipahami dalam penggunaan ukuran korelasi adalah, bahwa
koefisien korelasi yang dihasilkan tidak otomatis menunjukkan bahwa variabel
yang satu berpengaruh terhadap variabel lain, tetapi hanya menunjukkan
tingkat asosiasi kuat lemahnya hubungan, sementara penentuan variabel
indpenden dan dipenden ditentukan berdasarkan teori.
Jika pengukuran korelasi didasarkan pada sampel, koefisien korelasi adalah
statistik, untuk menjawab apakah angka korelasi tersebut berlaku juga dalam
populasinya sebagai parameter, perlu dilakukan pengujian signifikansi. Kalau
berdasarkan hasil pengujian angkanya signifikan, maka koefisien korelasi
sebagai statistik bisa diebut sama dengan parameter-nya.
Pengukuran korelasi yang biasa digunakan dalam penelitian sosial aantara
lain:
a. Koefisien Kontingensi (C
Koefisien Kontingensi (C) : Digunakan untuk mengukur keeratan
BalasHapushubungan antara dua variabel yang berskala nominal. Misalnya apakah
ada hubungan antara proporsi jenis kelamin murid SMA dengan
Inspektorat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional
Diklat Metodologi Penelitian Sosial – Parung Bogor, 25-28 Mei 2005 : 8
proporsi keinginan mereka untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan
tinggi pada jurusan eksata dan non eksata.
b. Koefisien Korelasi Rank Kendall (t) : Digunakan untuk mengukur
keeratan hubungan antara dua variabel yang berskala ordinal. Misalnya
apakah ada hubungan antara ranking test masuk SMP dengan dengan
ranking di semester pertama kelas 1 SMP.
c. Koefisien Korelasi Rank Sperman (rs) : Digunakan untuk mengukur
keeratan hubungan antara dua variabel yang berskala ordinal.
Pengukuran korelasi ini lebih banyak digunakan karena metodenya
yang lebih sederhana.